Rabu, 30 Mei 2012

Install Blender 2.63 di Ubuntu 12.04

Blender Ver. 2.63
          Apakah anda tahu apa itu Blender ?,  Blender adalah software apliksai grafis 3 dimensi yang sifatnya gratis. Guna dari aplikasi ini adalah untuk meciptakan karater 3 dimensi seperti  animasi, bukan hanya animasi yang bisa dihasilkan, tetapi untuk pengguna profesional aplikasi ini bisa juga untuk membuat game. 
      
         Kemampuannya menciptakan modeling, compositing sampai animating tergolong sangat baik. Kelemahan software ini adalah interface dan logika tools yang berbeda dengan commercial 3D software umumnya. Tetapi begitu mengerti cara menggunakan nya maka Blender merupakan aplikasi yang bisa sejajar dengan aplikasi 3D lainya seperti Maya dan 3D Maxs. Aplikasi ini dapat berjalan diberbagai flatform komputer, seperti Linux, Windows, dan  Mac OS.
         
        Bila anda pernah nonton animasi 3D dengan judul "Big Buck Bunny", "Elephant Dream" atau "Sintel", ketiga animasi itu adalah hasil dari aplikasi Blender. Untuk saat ini  telah dirilis versi terbarunya yaitu Blender  Ver.2.63. Bagi anda pengguna Windows dan Mac OS dapat download di Situs Resmi Blender

* Untuk Instalasi di Ubuntu memerlukan koneksi Internet.

Langkah untuk install Blender di Ubuntu 12.04,

- Buka Terminal, ( Ctrl + Alt + T )
- Buat Repository-nya dahulu,

  $ sudo add-apt-repository  ppa:cheleb/blender-svn

Tunggu, lalu

  $ sudo apt-get update

lalu

  $ sudo apt-get install blender

Ada pilihan " y/n " dan konfirmasi bahwa aplikasi Blender membutuhkan  ruang untuk instalasi ( hanya beberapa Mb). Tekan " y " kemudian Enter.
Setelah Instalasi anda dapat tmenggunakan aplikasi Blender dengan klik Dash Home pada taskbar  kemudian ketik " Blender " dan klik icon Blender .


Terimakasih.




2 komentar:

  1. thanks mas saepudin-berbagi :D
    btw kalau repo dari si canonical itu belum 2.63 yah? masih ada bug nya mas?

    BalasHapus