Minggu, 17 Juni 2012

Install Browser Google di Ubuntu 12.04

       Awalnya saya menggunakan Ubuntu 10.04, namun setelah ada versi yang terbaru saya juga ingin memasangnya pada PC saya. Ubuntu 12.04 saya install selasai tanpa hambatan. Berhubung saya punya modem, saya membutuhkan Browser untuk meramban internet.

        Saya ingin memasang Google Chrome di Ubuntu terbaru saya ini. Kebetulan saya punya file installasinya di flasdisk. File instalasi saya copy-kan di folder Home, double klik file tersebut dan terbuka aplikasi Ubuntu software Center namun button Install-nya tidak aktif. Saya berpikir, kok ga sama kaya di Ubuntu 10.04 dimana tinggal klik install, tunggu dan langsung bisa dipakai.

      Untuk menyelesaikan problem ini saya gunakan perintah di Terminal. Langsung saja kita praktekan, bagi anda yang belum memiliki file installasi Google Chrome bisa diunduh di situs Google.com pada pojok kanan atas.

- Copy-kan file Installasi Google Chrome ke folder Home
- Buka Terminal

Ketik,

   $ chmod u+x google-chrome-stable_current_i386.deb

Ketik,

   $ sudo dpkg -i google-chrome-stable_current_i386.deb

Ketik,

   $ sudo apt-get install -f

Tunggu sebentar, kemudian muncul pertanyaan apakah installasi akan dilanjutkan. Tekan "y" dan Enter, tunggu proses hingga selesai.

Untuk menggunakan Google Chrome klik Dash Home pada Taskbar dan ketik "google" dan klik icon Google Chrome, dan langsung bisa kita gunakan.

Terimakasih.


2 komentar: