Kamis, 21 Juni 2012

Membuat Shortcut di Ubuntu 12.04

Shortcut

        Katanya sudah ada Ubuntu 12.04, info ini saya dapatkan dari para blogger, saya cek kebenerannya di situs resmi Ubuntu.com ternyata benar memang sudah releas. Saya ga mau lama menunggu, saya pergi untuk membeli CD kosong untuk "Burn" file extention .iso kedalam CD. Dikarenakan sifatnya yang Open Source kita bisa dengan sesuka hati untuk menggandakannya. Pada Ubuntu 11.04 fitur-fitur sangat menarik dan saya tertarik untuk lihat fitur baru di Ubuntu 12.04. Ada banyak program yang saya intall di ubuntu, untuk itu saya ingin ada shortcut di Desktop Ubuntu. Ternyaata di Ubuntu 12.04 tidak ada program Create Launcher, jadi saya harus install terlebih dahulu.

Kita langsung saja,
Buka Terminal (Ctrl+Alt-T)

$ sudo apt-get install gnome-panel

Masukan Password, tunggu sebentar dan akan muncul konfirmasi bahwa hardisk terpakai untuk instalasi. Tekan "y" dan Enter.
Tunggu proses installasi hingga selesai.

$ gnome-desktop-item-edit --create-new ~/Desktop


Muncullah program yang tadi kita install.

Name          ' masukan nama program yang akan dibuat shortcutnya.


Command   ' browse program yang akan dibuat shortcutnya,
                   ' biasanya program yang di install berada pada File system
                   * contoh : usr/bin/blender

Comment    ' Terserah anda

Klik OK dan shortcut pun jadi. Terimakasih

2 komentar: